Indikator
  • Undercontruction

Peringati Hari Santri Nasional, LKNU Bondowoso akan Latih BLS Kepada 1000 Kader NU

Home / Peristiwa / Peringati Hari Santri Nasional, LKNU Bondowoso akan Latih BLS Kepada 1000 Kader NU
Peringati Hari Santri Nasional, LKNU Bondowoso akan Latih BLS Kepada 1000 Kader NU Pertemuan antara LKNU Bondowoso dan PERKI Cabang Surabaya. (Foto: Istimewa)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Dalam rangka memperingati hari Santri Nasional, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Bondowoso akan menggelar Pelatihan Basic Life Support (BLS) kepada 1000 kader NU di kabupaten setempat.

Ketua LKNU Bondowoso, Untung Khuzairi mengatakan bahwa pelatihan BLS nanti akan melibatkan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia).

BLS sendiri kata dia, merupakan bantuan hidup dasar dalam penyelamatan seseorang yang terkena serangan jantung mendadak atau penyakit lain dan memerlukan pertolongan darurat.

"BLS penting untuk penanganan pasien jantung mendadak. Tindakan ini bisa dilakukan sebagai dasar pertolongan di rumah atau keluarga terdekat,' tutur Untung kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Rabu (13/9/2017).

Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang ini, akan ada 1000 Kader NU yang dilatih. Kegiatan ini juga masuk dalam rangkaian peringatan hari Hari Santri Nasional di Kabupaten Bondowoso.

"Bisa Kader dari Banom NU maupun Lembaga," kata Untung.

Sementara itu, Ketua PERKI Cabang Surabaya, Dr. dr. Yudi Heroktaviono, SP. JP menyatakan siap datang ke Bondowoso dan melatih 1000 Kader NU. Kata dia, ada sekitar 30 Dokter Spesialis Jantung yang akan dilibatkan dalam pelatihan.

"Nanti ada sekitar 30 Dokter Spesialis Jatung yang akan ikut," ujarnya.

Pelatihan ini nantinya akan melibatkan dr Nurwahyudi, SP. JP selaku dokter spesialis jantung dari RSU dr H Koesnadi, Bondowoso. 

"Pentingnya pelatihan BLS ini karena para kader NU adalah garda terdepan dalam pengabdian menyelamatkan masyarakat dari serangan jantung atau kegawatan lainnya baik dimasyarakat dan keluarga,"  ucap Nurwahyudi. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com