Indikator
  • Undercontruction

Soal Kesalahan Ibu Kota Israel dalam Buku SD, Ini Kata PGRI Probolinggo

Home / Peristiwa - Daerah / Soal Kesalahan Ibu Kota Israel dalam Buku SD, Ini Kata PGRI Probolinggo
Soal Kesalahan Ibu Kota Israel dalam Buku SD, Ini Kata PGRI Probolinggo Surat dari PGRI Jatim kepada penerbit Yudhistira (FOTO: Istimewa)

TIMESJATIM, PROBOLINGGO – Buku pelajaran IPS untuk kelas VI SD, yang menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel, juga beredar di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Buku terbitan Yudhistira tersebut ditemukan para guru, kemudian dilaporkan ke PGRI setempat.

Terkait temuan tersebut, Ketua PGRI Kota Probolinggo, Slamet Zainul Arifin, meminta buku pelajaran IPS kelas VI SD terbitan Yudhistira yang keliru, agar ditarik dari peredaran dan diganti dengan yang baru.

Sebab menurutnya, pencantuman Yerusalem sebagai ibu kota Israel menyakiti hati umat Islam. Hal itu juga merupakan klaim sepihak dan belum diakui dunia internasional. 

"Di Kota Probolinggo ada. Saya sudah berkoordinasi dengan polres (kota, Red), MUI dan Dinas Pendidikan. Penarikan akan dikoordinir oleh Polres," katanya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id)

Kepada guru mata pelajaran IPS, Zainul meminta agar materi tersebut tak diajarkan kepada peserta didik di sekolah. "Kami juga sudah laporkan ke PGRI Jatim," lanjut pria yang juga kepala SD tersebut. 

Kesalahan buku yang disusun Dra. Indriastuti, Drs. Sutrisna Rochadi, dan Dwi Suryanti, S. Pd tersebut, terdapat dalam tabel di halaman 15. PGRI Jatim juga telah berkirim surat ke penerbit Yudhistira terkait dengan kesalahan ini. 

Penerbit sendiri, telah mengkaji kesalahan tersebut. Tabel yang keliru itu diambil dari sumber internet. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com