Indikator
  • Undercontruction

Antisipasi Difteri, Dinkes Gresik Gencar Imunisasi

Home / Kesehatan / Antisipasi Difteri, Dinkes Gresik Gencar Imunisasi
Antisipasi Difteri, Dinkes Gresik Gencar Imunisasi Petugas dari Puskesmas sedang melakukan imunisasi terhadap siswa di SDN Yosowilangun, Manyar, Jawa Timur, Rabu (13/12/2017) (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, GRESIK – Mengantisipasi penyebaran difteri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, Jawa Timur, gencar melakukan imunisasi ke sekolah-sekolah. Kegiatan itu untuk mencegah penyakit tersebut tidak meluas. 

Kali ini, Dinkes Gresik melalui Puskesmas setempat melakukan imunisasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Yosowilangun, Kecamatan Manyar. 

Seperti diketahui, difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium.  Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan.  Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf.

Kepala Dinkes Gresik, dr Nurul Dholam, mengatakan imunisasi merupakan langkah tepat untuk mencegah menyebarnya penyakit difteri. 

Tak hanya itu, pihaknya juga mengumpulkan laporan guna mencari gejala dan menanggulanginya penyakit tersebut di masyarakat. 

“Mereka yang masuk penderita, biasanya memiliki gejala klinis seperti nyeri saat menelan, panas batuk, pilek, hingga pembengkan leher,” kata dr Nurul Dholam, Kadinkes Gresik, Rabu, (13/12/2017).

Ia juga menambahkan, masyarakat Gresik harus lebih waspada terhadap penyakit difteri. Apalagi, satu penderita difteri itu sudah dinyatakan positif. 

"Masyarakat harus waspada terhadap difteri. Apalagi, sudah ada penderita yang dinyatakan positif difteri," tambahnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com