Rektor Unira Kenalkan Islam Nusantara di Tiga Negara

Home / Berita / Rektor Unira Kenalkan Islam Nusantara di Tiga Negara
Rektor Unira Kenalkan Islam Nusantara di Tiga Negara Rektor unira Hasan Abadi bersama dengan pimpinan University Sains Islam Malaysia. (FOTO: Unira for TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, MALANG – Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Dr Hasan Abadi menjadi keynote speaker dalam forum '3rd International Conference on Current Trends in the Middle East,' yang digelar di Universitas Teknologi Malaysia (UTM) Malaysia. Dalam acara yang digelar 6-7 Desember 2019 lalu itu, Rektor Unira mengenalkan Islam Nusantara.

"Sebagai sebuah Universitas yang lahir dari tradisi Nahdhatul Ulama, Unira memberi perhatian yang spesifik untuk ikut ambil bagian secara aktif dalam upaya menguatkan toleransi dan perdamaian di negara kami sendiri Indonesia, dan memperluas gagasan-gagasan perdamaian ini untuk masyarakat dunia," kata Hasan Abadi yang menjadi keynote speaker dalam acara ini.

Rektor-unira-Hasan-Abadi-2.jpg

Konferensi internasional ini terlaksana berkat kerja sama dengan Universitas Namik Kemal Universitasie Turki dan Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Indonesia.  Sejumlah tokoh Asia menjadi keynote speaker dalam forum ini. Diantaranya, Prof Dr Ensar Nisanci (Turki) dan Dr Yasser Abdelrahim (Gulf Science and Technology University, Kuwait).

Hasan Abadi juga menyampaikan keprihatinan dengan munculnya berbagai konflik dan peperangan yang terjadi, seperti di Irak, Palestina, Syiria, India, hingga Indonesia. Untuk itu, Universitas Islam Raden Rahmat Malang perlu ikut menyumbangkan dan menyebarkan pemikiran tentang perdamaian dunia. 

"Untuk tujuan-tujuan di atas, kami menginisiasi berbagai konferensi, seminar, diskusi dan dialog-dialog tentang perdamaian, untuk mengumpulkan pemikiran dan best practices, menghidupkan diskusi serta meluaskan pengaruh terkait upaya mewujudkan perdamaian di wilayah lokal maupun global. Kami ingin konsisten mempromosikan toleransi dan Memperjuangkan Perdamian Dunia," ucapnya.  

Dalam kesempatan ini, selain mengenalkan Islam Nusantara, Hasan Abadi juga mendorong terbangunnya Islam Kawasan Asia Tenggara yang damai dan harmoni. Untuk itu, Rektor Unira melakukan kunjungan ke beberapa kampus, menawarkan kerja sama membangun Islam Kawasan Asia Tenggara, dengan mengunjungi Universitas Teknologi Malaysia, Universitas Sains Islam Malaysia, dan Universitas Fathoni Thailand. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com