Ngalap Berkah, Diyah Safira Liga Dangdut Indonesia Doa Bersama di Makam Buyut Chili Kemiren

Home / Berita / Ngalap Berkah, Diyah Safira Liga Dangdut Indonesia Doa Bersama di Makam Buyut Chili Kemiren
Ngalap Berkah, Diyah Safira Liga Dangdut Indonesia Doa Bersama di Makam Buyut Chili Kemiren Diyah Safira, perwakilan Jawa Timur dalam kontes Liga dangdut Indonesia 2020, yang digelar stasiun TV swasta Indosiar, bersama rombongan doa bersama di makam Mbah Buyut Chili, di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Ind

TIMESJATIM, BANYUWANGI – Berharap senantiasa diberi kemudahan, Diyah Safira melakukan doa bersama di makam Buyut Chili di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Kamis (16/1/2020). Biduan asal Dusun Krajan, Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi, ini adalah perwakilan Jawa Timur dalam kontestasi Liga Dangdut Indonesia 2020, yang digelar stasiun TV swasta Indosiar.

Dalam doa bersama ‘Ngalap Berkah’ di makam keramat leluhur masyarakat suku Osing Desa Adat Kemiren, Diyah ditemani sang ayah, Kasturi. Artis senior, Teddy UT dan seniman sekaligus tokoh budayawan muda Desa Kemiren, Haidi Bing Slamet, atau yang akrab disapa Edi Kendang, karena kepiawaianya menabuh alat musik kendang. Ikut hadir pula sejumlah tokoh masyarakat.

“Mbah buyut Chili ini adalah sesepuh warga Desa Kemiren,” ucap Edi, kepada TIMES Indonesia.

Buyut Chili, lanjutnya, di masa lampau adalah panutan masyarakat suku Osing setempat. Yang diyakini sebagai orang yang Waskita, sakti mandraguna dan bijaksana. Dan hingga kini, setiap malam Jumat, makam tersebut selalu dipadati para peziarah.

Diyah-Safira-4.jpgDiyah Safira, perwakilan Jawa Timur dalam kontes Liga dangdut Indonesia 2020, yang digelar stasiun TV swasta Indosiar, bersama rombongan doa bersama di makam Mbah Buyut Chili, di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Di sini, selain doa bersama, mereka juga menggelar tumpengan atau kenduri. Dan seperti acara sakral suku Osing pada umumnya, menu utama adalah kuliner pecek pitik.

“Semoga Diyah senantiasa diberi kemudahan dan bisa mengharumkan nama Banyuwangi, di kancah nasional,” kata Diyah.

Disebutkan, untuk berbagai persiapan penampilan pada Sabtu (18/1/2020) mendatang, siswa SMAN 1 Rogojampi ini sudah harus terbang ke Jakarta.

Sementara itu, Teddy UT berharap pencapaian Diyah hingga lolos menjadi perwakilan Jawa Timur dalam kontes Liga Dangdut Indonesia 2020 di stasiun TV swasta Indosiar, bisa menjadi pemersatu seluruh elemen masyarakat Banyuwangi. Untuk bersama-sama memberi dukungan serta kritik, guna menggaungkan nama Banyuwangi.

“Mari kita bersama memberi dukungan, demi nama besar Banyuwangi,” ucapnya.

Selama ini, pria bernama asli Teddy Anugrianto, tersebut memang paling getol mendampingi Diyah Safira. Bukan hanya dalam babak penyisihan di tingkat lokal, tapi juga saat audisi final di Jakarta. Itu semua dia lakukan hanya karena kecintaanya pada dunia seni, khususnya seni tradisional Banyuwangi.

“Diyah punya talenta, punya semangat, punya kesungguhan dan Diyah memang sudah lama menjadi artis binaan saya,” cetus pencipta hits Loro Pikir yang dipopulerkan oleh Anggun DP dan Vita Alvia.

Bahkan, Teddy UT juga lah yang mendampingi gadis kelahiran Banyuwangi,16 Februari 2003 tersebut untuk meminta doa restu dan dukungan ke DPRD Banyuwangi dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Maka jangan heran, besarnya perjuangan artis, penyanyi, musisi, pencipta lagu, pengusaha, dan politisi muda DPC Partai Demokrat Banyuwangi ini banyak memunculkan dukungan positif terhadap dirinya. Terutama dari kalangan seniman dan budayawan.

Salah satunya di momen jelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyuwangi 2020, Teddy UT santer digadang sebagai sosok yang berdaya tarik untuk dipinang menjadi Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup).

“Mari kita doakan dan dukung bersama-sama Diyah Safira,” ungkap Teddy. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com