Menkumham RI Akui Belum Ada Bilik Asmara di Lapas

Home / Berita / Menkumham RI Akui Belum Ada Bilik Asmara di Lapas
Menkumham RI Akui Belum Ada Bilik Asmara di Lapas Menkumham RI Yasonna H Laoly. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTAMenkumham RI Yasonna H Laoly mengakui belum tersedianya bilik khusus untuk memenuhi kebutuhan biologis para narapidana di lembaga pemasyarakatan atau lapas.

"Di negara-negara lain sudah ada. Kita belum punya kemampuan itu," ungkap Yasonna saat mengikuti rapat kerja di Komisi III DPR RI, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Awalnya, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Safaruddin menyampaikan usul agar Kementerian Hukum dan HAM menyediakan ruangan khusus untuk kebutuhan biologis narapidana.

Dijelaskan Safaruddin, walaupun narapidana dikurung akibat perbuatannya, namun ada hak-hak yang tidak boleh dihilangkan. Termasuk juga dengan pemenuhan kebutuhan biologis selama mendekam di lapas.

"Orang di dalam penjara ada hak-haknya juga termasuk soal kebutuhan biologis dia. Jadi harus disiapkan tempat mereka untuk menjalankan kebutuhan itu," terang Safaruddin.

Menanggapi itu, Menkumham Yasonna menyatakan secara ideal perlu ada tempat untuk kebutuhan biologis tersebut. Sehingga hal ini menjadi catatan bagi Kementerian Hukum dan HAM.

"Idealnya memang ada (bilik khusus untuk memenuhi kebutuhan biologis di lapas) menurut hukum. Tapi kita belum mempunyai tempat itu," kata Menkumham RI Yasonna H Laoly. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com