KPU Kota Blitar Perpanjang Rekrutmen PPS Jika Tidak Penuhi Kuota

Home / Berita / KPU Kota Blitar Perpanjang Rekrutmen PPS Jika Tidak Penuhi Kuota
KPU Kota Blitar Perpanjang Rekrutmen PPS Jika Tidak Penuhi Kuota Proses Pendaftaran PPS di KPU Kota Blitar,  Senin (24/2/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia) 

TIMESJATIM, BLITARKPU Kota Blitar akan memperpanjang masa rekrutmen Panitia Pemungutan Suara atau PPS Pilwali Kota Blitar 2020. Pasalnya, baru sebanyak 77 orang mendaftar sebagai calon di hari terakhir penerimaan pendaftara, Senin (24/2/2020).

Dalam Pilwali Kota Blitar 2020, KPU memerlukan 126 orang yang terbagi di masing masing  kelurahan yaitu 6 orang .

"Dalam rekrutmen ini nanti 3 orang adalah calon terpilih, yang tiga adalah calon anggota pergantian antar waktu, namun yang daftar hingga hari ini msih 77 kami masih membutuhkan 39 orang," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Rangga Bisma Aditya.

KPU membuka pendaftaran terakhir hari Senin ini hingga pukul 24.00. Namun, menurutnya, jika pada hari ini jumlah pendaftar tidak memenuhi kebutuhan maka KPU akan melakukan perpanjangan pendaftaran hingga tiga hari mendatang. 

"Jadi hari ini Senin, jika misal malam pukul  24.00 nanti tidak memenuhi kebutuhan, Selasa, Rabu, Kamis akan kita lakukan perpanjangan," urainya. 

Menurut Rangga, ada dua hal penyebab sepinya pendaftar PPS yakni rekrutmen PPS berbarengan dengan tes CPNS sehingga masyarakat lebih memilih mengikuti tes cpns dan menunda daftar PPS. 

"Yang kedua, memang tidak banyak tapi ini menjadi salah satu pertimbangan juga bahwa ada faktor trauma walaupun kita sudah banyak mengimbau masyarakat ketika ada anggota pps yang meninggal atau sakit pada pemilu 2019 kemarin," jelas Rangga. 

Rekrutmen PPS Pilwali Kota Blitar 2020 sudah dibuka sejak 18 Februari 2020. Rangga menegaskan, pihaknya telah mensosialisasikan bahwa beban pekerjaan Pilwali dengan pemilu berbeda. Pada Pilwali nanti hanya ada suatu surat suara sedangkan Pemilu 2019 kemarin ada 5 kertas suara. 

"Kendala sudah kita petakan, kami yakin Insya Allah hari ini kami bisa memenuhi kuota itu. Nanti kita lihat perkembangannya," urai Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Rangga Bisma Aditya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com