KPU Pastikan Pilbup Gresik 2020 Tak Diikuti Calon Independen

Home / Berita / KPU Pastikan Pilbup Gresik 2020 Tak Diikuti Calon Independen
KPU Pastikan Pilbup Gresik 2020 Tak Diikuti Calon Independen Ilustrasi - Pilkada Gresik 2020

TIMESJATIM, GRESIK – Kontestasi Pemilihan Bupati Gresik (Pilbup Gresik) 2020, Komisi Pemilihan Umum atau KPU memastikan tak ada calon independen yang akan maju. Hal itu mengacu karena hingga tenggat waktu yang ditentukan belum ada bakal pasangan calon yang mendaftar.

Sebelumnya, KPU Gresik telah memberikan waktu kepada masyarakat yang ingin mendaftar lewat jalur independen. Bahkan, KPU juga sudah mengumumkan penyerahan dokumen dukungan mulai tanggal 19-23 Februari 2020.

Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni mengatakan, hingga tenggat waktu yang ditentukan, belum ada bakal pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan.

"Jadi Pilbup kali ini hanya diikuti oleh calon dari jalur partai politik atau gabungan partai politik," katanya, Senin (24/2/2020).

Diketahui sebelumnya, bahwa syarat pencalonan Bupati dan Wakil Bupati jalur perseoramgan harus mengantongi dukungan minimal 7,5 persen dari jumlah DPT Gresik yakni 69.529 pendukung, dan berkas di input melalui Silon yang telah sediakan oleh KPU.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Gresik, Imron Rosyadi menambahkan sebenarnya ia berharap agar ada calon independen yang bisa mengikuti kontestasi Pilbup Gresik 2020.

“Proses demokrasi itu kan pilihan rakyat. Kalau ada calon perseorangan, maka bisa bermacam macam pilihan, sesuai banyaknya calon. Namun demikian, mudah-mudahan nantinya tetap terpilih yang terbaik,” ujarnya.

Imron juga menambahkan, dengan tidak adanya calon perseorangan, maka dari sisi pekerjaan akan mengurangi kinerja penyelenggara Pilkada.

“Tetapi dari sisi proses demokrasi, jelas ini mengurangi proses pilihan rakyat untuk menentukan pilihannya,” ungkap dia. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com