Persentase Kepemilikan KTP di Kabupaten Blitar Meningkat

Home / Berita / Persentase Kepemilikan KTP di Kabupaten Blitar Meningkat
Persentase Kepemilikan KTP di Kabupaten Blitar Meningkat Pegawai Dispendukcapil kabupaten Blitar sedang melayani pemohon Adminduk, Jumat (28/2/2020). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia) 

TIMESJATIM, BLITAR – Persentase Kepemilikan Kartu Tanda Pendusuk (KTP) di Kabupaten Blitar meningkat pada tahun 2019. Peningkatan itu dari 85,74 persen menjadi 96,79 persen.

Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengatakan peningkatan itu sebagai hasil dari berbagai upaya yang dilakukan Kabupaten Blitar untuk meningkatkan cangkupan kepemilikan KTP di kalangan warga.

"Ini semua hasil dari program Jemput Bola, aplikasi E-Siap, ATM (Anjungan Tutul Mandiri) AKAM (Akta Kematian Terbit Sebelum Pemakaman) maupun Al Asar (Akta Kelahiran Tebit Sebelum Sepasar)," urai Rijanto, Jumat (28/2/2020).

Rijanto mengemukakan progam program tersebut juga terbukti mampu menjawab keluhan masyarakat terkait antrian panjang di kantor Dispendukcapil untuk mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk). Salah satunya melalui E-SIAP.

"Pemohon ke Kantor Dispendukcapil tinggal mengambil dokumen, karena sudah mendaftar secara online," jelasnya. 

Untuk mengurangi antrean di kantor, Dispendukcapil juga memaksimalkan progam Jebol atau Jemput Bola dengan memaksimalkan peran desa.Dalam hal ini, Perangkat Desa bertugas memberikan informasi seputar persyaratan pembuatan Adminduk serta memberikan nomor antrian kepada warganya yang ingin mengurus Adminduk

"Kami akan terus berupaya memberikan pelayananan maksimal kepada masyarakat, " imbuhnya. 

Untuk mengurai antrian, Dispendukcapil juga memberlakukan pembagian waktu antrian berdasarkan zona kecamatan yaitu zona 1 kecamatan yang berdekatan dengan kantor dispenduk, dimulai dari pukul 07.30-09.30, zona 2, Kecamatan agak jauh dimulai pukul 09.30-12.00 dan zona 3, kecamatan paling jauh dengan kantor dimulai pukul 13.00 sampai selesai.

"Alhamdulillah, antrian masyarakat yang ingin mengurus Adminduk di kantor kami sudah tidak panjang seperti dulu," tegasnya. Hal ini pula yang diyakini menjadi salah satu alasan meningkatnya kepemilikan KTP di Kabupaten Blitar(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com