Kemenhub RI Catat Banyak Orang Curi Start Mudik di Tengah Wabah Covid-19

Home / Berita / Kemenhub RI Catat Banyak Orang Curi Start Mudik di Tengah Wabah Covid-19
Kemenhub RI Catat Banyak Orang Curi Start Mudik di Tengah Wabah Covid-19 Ilustrasi mudik. (dok/TI)
Fokus Berita

TIMESJATIM, JAKARTA – Juru bicara (Jubir) Menteri Perhubungan (Menhub) Adita Irawati menyatakan, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat, yang telah mudik atau pulang ke kampung halaman.

"Kami belum melakukan pelarangan sudah banyak istilahnya yang mencuri start untuk mudik," kata Adita dalam live jumpa pers, Jumat (27/3/2020).

Adita menyampaikan Kementerian Perhubungan akan melakukan pelarangan mudik untuk mengurangi potensi untuk perluasan wabah ini memang luar biasa.

Adita menuturkan dirinya prihatin atas data para pemudik dari Jabodetabek menuju Kabupaten Sumedang yang sudah diterimanya. Data tersebut mengakibatkan peningkatan jumlah orang dalam pemantauan (ODP).

"Ini dari data yang kami terima cukup memprihatinkan, khususnya yang kami terima dari Kabupaten Sumedang itu ODP-nya meningkat karena mendapat limpahan orang yang mudik dari Jabodetabek," jelasnya.

Selain Kabupaten Sumedang, Adita juga mengungkapkan beberapa daerah lainnya seperti Jawa Tengah. Namun dia mengatakan jumlah ODP meningkat walaupun saat ini belum puncak mudik.

"Kemudian juga beberapa daerah di Jawa Tengah ini belum puncaknya," tambahnya.

Adita mengaku khawatir jika tidak segera dilakukan pelarangan mudik oleh Pemerintah, maka wabah corona akan semakin menyebar luas. Hal ini akan mengakibatkan bertambahnya zona merah di daerah-daerah lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com