RSUD Bung Karno Surakarta Siap Tangani PDP Covid-19

Home / Berita / RSUD Bung Karno Surakarta Siap Tangani PDP Covid-19
RSUD Bung Karno Surakarta Siap Tangani PDP Covid-19 Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo memeriksa ruang isolasi di RSUD Bung Karno. (Foto: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, SOLO – Sebanyak 48 kamar di RSUD Bung Karno Surakarta disiapkan untuk penanganan pasien Covid-19 dengan kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

‘’Nantinya, pasien yang dirawat di RSUD Bung Karno hanya pasien PDP, jika sudah dinyatakan positif corona atau kondisinya memburuk langsung dirujuk ke Rumah Sakit Moewardi,“ terang Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo, Minggu (29/3/2020).

Wali kota meninjau langsung proses penggantian kamar pasien di RSUD Bung Karno yang dialih fungsikan sebagai ruang isolasi bagi pasien dalam pengawasan.

Pemkot Surakarta bergerak cepat usai sebelumnya, ada instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, agar Pemkot Surakarta segera menyiapkan RSUD Bung Karno menjadi rumah sakit yang merawat pasien Covid-19.

Proses alih fungsi kamar pasien di RSUD Bung Karno menjadi ruang isolasi pasien Covid-19 ditargetkan selesai dalam satu pekan karena harus menunggu kesiapan alat kesehatan dan APD yang dibutuhkan.

‘’Terkait tenaga medis, nanti bekerjasama dengan rumah sakit swasta di Solo raya,’’ ujar wali kota.

Diterangkan wali kota, RSUD Bung Karno disiapkan sebagai rumah sakit pendamping RSUD dr. Moewardi. Dengan dijadikannya RSUD Bung Karno sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, berarti saat ini, sudah ada 6 rumah sakit rujukan.

Lima rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya adalah RST Slamet Riyadi (DKT),  RS Kasih Ibu, RSUD Surakarta (Ngipang), RS PKU Muhammadiyah, dan RS dr Oen Kandang Sapi Jebres. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com