Agar Tubuh Mampu Melawan Covid-19, Ini Tips dari Jubir Gugus Tugas Lamongan

Home / Berita / Agar Tubuh Mampu Melawan Covid-19, Ini Tips dari Jubir Gugus Tugas Lamongan
Agar Tubuh Mampu Melawan Covid-19, Ini Tips dari Jubir Gugus Tugas Lamongan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan, dr. Taufik Hidayat. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESJATIM, LAMONGAN – Sistem imunitas atau ketahanan tubuh yang kuat menjadi senjata yang ampuh untuk menangkal dan melawan paparan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan, dr. Taufik Hidayat membagikan kiat agar bisa melawan Covid-19.

"Jadi kalau antibodi seseorang itu kuat, maka dia akan bisa mengalahkan virus, sehingga dia biasa-biasa saja, tidak sakit. Jadi kuncinya adalah daya tahan tubuh," kata dr. Taufik Hidayat, Sabtu (4/4/2020).

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kata Taufik, yang dibutuhkan adalah menambah asupan protein, karena protein berperan dalam pembentukan antibodi.

"Makanya kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Lalu sumber protein apa saja? ada protein hewani dan protein nabati," ujarnya.

Taufik menyebutkan, sumber protein nabati di antaranya kedelai, kacang hijau, kacang merah dan jenis kacang-kacangan lainnya. Lalu ada jagung, brokoli, bayam dan alpukat yang juga termasuk sumber protein nabati.

"Kalau sumber protein hewani adalah daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, kemudian daging ayam, daging ikan dan telur," tutur Taufik.

Hanya saja untuk telur, Taufik menyarankan agar mengkonsumsi putihnya saja tanpa bagian kuningnya, sebab di bagian kuning telur banyak mengandung lemak.

"Kuning telur itu mengandung banyak lemak, sehingga kurang bagus kalau terlalu banyak dikonsumsi orang yang lanjut usia," katanya.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, Taufik juga menyarankan agar masyarakat banyak minum air putih. Ia juga meminta masyarakat makan, makanan yang sudah dimasak dengan sempurna atau benar-benar matang.

"Satu lagi, sempatkan berolahraga secara rutin," kata pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Lamongan ini. 

Ia juga mengimbau warga Lamongan tetap menerapkan pola hidup sehat dan bersih, dengan melakukan cuci tangan dan menyemprotkan disinfektan secara rutin dan benar.

"Terutama saat akan maupun setelah melakukan sesuatu. Dan yang paling penting adalah jangan sentuhkan tangan ke wajah. Karena virus itu rentan masuk melalui mata, hidung dan mulut," ucapnya memberikan kiat pencegahan Covid-19.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan menambahkan, saat ini di Kabupaten Lamongan sudah ada 12 orang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji spesimen yang dilakukan Laboratorium Institute of Tropical Disease (ITD), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com