Telkom Jatim Balnus Support Jaringan Acara Takbiran Online Jawa Timur

Home / Berita / Telkom Jatim Balnus Support Jaringan Acara Takbiran Online Jawa Timur
Telkom Jatim Balnus Support Jaringan Acara Takbiran Online Jawa Timur Berlangsungnya giat Takbiran Online di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Humas Telkom for TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, SURABAYA – Pandemi Covid-19 mengharuskan adanya social distancing, termasuk pembatasan sosial saat momen Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Forkopimda Jatim menggelar Takbiran Online di malam Hari Raya Idul Fitri 2020 bersama warganya yang berada di luar negeri, tepatnya di lima benua, yakni Hongkong, Jerman, Australia, Maroko dan Amerika Serikat. Acara ini didukung Telkom Jatim

Dalam rangka mendukung agar kegiatan tersebut berjalan tanpa hambatan, Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusa Tenggara menyediakan Astinet dengan kecepatan 100 mbps di Gedung Negara Grahadi dan support jaringan IndiHome 100 mbps di Check Point Bunderan Waru.

Telkom Astinet memiliki beberapa kelebihan, diantaranya memiliki kecepatan dan handal, serta pelanggan dapat menikmati layanan internet dengan kenyamanan akses selama 24 jam dengan kecepatan bervariasi mulai 1 Mbps atau kelipatannya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan acara takbir online ini sebagai bentuk semangat umat muslim dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

"Habis puasa kita merayakan kemenangan termasuk kemenangan melawan hawa napsu dan Covid-19. Sekarang kita cukup on line, lebaran on line, silaturahmi on line, dan sungkeman on line," tutur Khofifah dalam sambutannya, Sabtu (23/5/2020).

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Benny Sampir Wanto, untuk menjamin kualitas jaringan selama acara akan disiapkan jaringan internet 100 mbps. Dalam hal ini Diskominfo Jatim bekerjasama dengan PT Telkom yang menyediakan jaringan dengan kecepatan 100 mpbs.

Kendati demikian, yang di Grahadi akan menggunakan jaringan dari Astinet dan di Bundaran Waru menggunakan Indihome. Sementara itu, Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Jatim juga akan ikut terlibat dalam menyiapkan relay di sembilan TV dan 53 radio di daerah.

Sebagai informasi, bahwa Malam Takbiran Online akan diikuti oleh warga Jawa Timur yang berada di 5 benua dengan menggunakan live zoom. Seperti di Hongkong berpusat di Victoria Park Hongkong. Lalu di Jerman live zoom bersama Gus Oding asal Jombang dan Mahasiswa S3 di KIT Jerman, alumni ITS, dan Cicit KH Bisyri Syansuri.

Untuk warga Jatim di Belanda akan live zoom dengan Dwi Resty Ariesta Dewi dari Surabaya yang merupakan mahasiswa S3 University of Twente Nederland. Dan untuk Australia live zoom dengan Imam Malik dari Banyuwangi yang merupakan mahasiswa S3 di School Sciences Western Sydney University.

Sedangkan yang di Maroko live zoom bersama Alfian Iqbal Zahasfa dari Jember yang merupakan mahasiswa S3 Universitas Dar El Hadith El Hassania – Rabat. Untuk di Amerika akan live zoom dengan Dimas Iqbal Romadlon dari Kota Batu, yang merupakan mahasiswa S3/PhD di University of Washington, Seattle, Amerika.

Benny menambahkan, untuk di Jawa Timur, Takbir online akan dilakukan oleh Gubernur bersama Forkopimda Jatim. Takbir ini juga diikuti Walikota Mojokerto, Bupati Sampang, Bupati Probolinggo.

Tim takbiran juga didukung oleh para tenaga kesehatan (nakes) di RSU Syaiful Anwar Malang dan RSU dr Soetomo Surabaya. Bahkan juga diikuti tim CheckPoint Bundaran Waru dengan gambar Dishub Jatim via zoom dan Warga Jatim di Jakarta.

"Pada acara takbir online ini juga diramaikan tim Rampak Beduk dan Takbiran Polda Jatim sebanyak 9 orang, Tim Rampak Bedug dan Takbiran Kodam V Brawijaya sebanyak 9 orang, dan Tim Rampak Bedug dan Takbiran Koarmada 2 sebanyak 9 orang," ujar Benny.

Dalam kesempatan berbeda, Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 5 Jatim Balnus, Pontjo Suharwono mengatakan, selain Malam Takbiran Online, Telkom Jatim juga memfasilitasi e-Sungkeman melalui IndiHome. Program ini untuk memudahkan masyarakat dan warga Indonesia yang tidak bisa pulang kampung atau mudik karena kebijakan aturan PSBB dari Pemerintah. e-Sungkeman merupakan aplikasi dari IndiHome. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com