Bupati Ponorogo Pastikan Grebeg Suro 2020 Ditiadakan

Home / Berita / Bupati Ponorogo Pastikan Grebeg Suro 2020 Ditiadakan
Bupati Ponorogo Pastikan Grebeg Suro 2020 Ditiadakan Grebeg Suro dan festival reyog ditiadakan, larungan telaga Ngebel diperrimbangkan. (foto:humas pemkab/Times Indonesia)

TIMESJATIM, PONOROGO – Untuk mencegah potensi penularan Covid-19, Kabupaten Ponorogo meniadakan acara tradisi budaya tahunan Grebeg Suro edisi tahun 2020 ini. Demikian dikatakan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni pada Rabu (1/7/2020).

"Festival reyog, kirab pusaka, dan larungan di Telaga Ngebel selalu mengundang banyak orang bahkan  pengunjung dari luar kota akan datang ke Ponorogo, itu saya nggak mau," ucap Bupati Ipong.

Namun acara-acara lain dalam rangkaian Grebeg Suro, seperti pameran bonsai, pameran pusaka masih bisa diadakan.

Grebek-Suro.jpg

Sementara ketika ditanya acara larungan di Telaga Ngebel apakah diadakan atau tidak, bupati Ipong mengatakan masih akan mempertimbangkan.

Meski Grebeg Suro ditiadakan namun untuk acara reyog bulan purnama dan reyog setiap tanggal 11 akan dinormalkan kembali.

"Acara larungan di Telaga Ngebel masih saya pertimbangkan ,tetapi untuk reyogan setiap malam bulan purnama dan setiap tanggal 11 akan kita normalkan lagi," jelasnya.

Perayaan Grebeg Suro yang di dalamnya ada Festival Reyog Nasional, Kirab Pusaka dan Larungan di Telaga Ngebel sudah menjadi trade mark masyarakat Kabupaten Ponorogo dan seperti biasanya perayaan tersebut dikaitkan dengan Hari Jadi Ponorogo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com