Jamin Pasokan Listrik, Posko Dekontaminasi Covid-19 Sleman Gunakan PLTS Darurat

Home / Berita / Jamin Pasokan Listrik, Posko Dekontaminasi Covid-19 Sleman Gunakan PLTS Darurat
Jamin Pasokan Listrik, Posko Dekontaminasi Covid-19 Sleman Gunakan PLTS Darurat Plt Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Joko Supriyanto melihat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Darurat. (FOTO: Pemkab Sleman for TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESJATIM, SLEMANPosko Dekontaminasi Covid-19 Sleman yang berlokasi di parkir timur Dinas Perhubungan Pemkab Sleman kini gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Darurat. Penggunaan PLTS tersebut untuk menjamin pasokan listrik.

Peresmian PLTS dilakukan oleh Plt Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Joko Supriyanto, Selasa (14/7/2020).

Joko Supriyanto mengatakan, keberadaan PLTS ini merupakan kerja sama antara Pemkab Sleman dan Sylendra Power. Penggunaan PLTS ini untuk menjamin pasokan listrik di Posko Dekontaminasi. Terlebih posko ini beroperasi selama 24 jam selama pandemi Covid-19 ini.

Menurut Joko Supriyanto, penggunaan listrik yang diinstalasi bersumber dari energi surya ini diharapkan dapat membuat aktivitas posko dekontaminasi tidak terganggu jika ada pemadaman.  Sedangkan sumber energi tenaga surya, tegas Joko Supriyanto merupakan sumber energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan.

“Kita tidak bisa terus menerus mengandalakan energi yang tidak terbarukan seperti fosil yang jumlahya sangat terbatas,” kata Joko.

CEO Sylendra Power, Reynaldi Pradipta mengatakan keberadaan PLTS tersebut digunakan untuk pemenuhan listrik melalui Energy Harvester. Fungsi dari Energy Harvester adalah untuk menyimpan listrik bersih yang dihasilkan dari panel surya.

Menurutnya, Energy Harvester sendiri dibagi menjadi dua bagian yakni master dan expandables dengan masing-masing 3.5kWh. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan fitur loT yang memudahkan pengguna untuk memantau dari jarak jauh.

“Energy Harvester dapat diandalkan dimana listrik sangat dibutuhkan, namun pasokan listrik yang ada terbatas. Ini menjadi solusi bagi teman-teman BPBD Sleman terhadap ancaman mati listrik. Sehingga dapat bertugas secara lebih optimal dalam mencegah penyebaran Covid-19,” terang CEO Sylendra Power, Reynaldi Pradipta. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com