Soal Distopnya Layanan Jampersal, Kadinkes Bondowoso: Kita Defisit Hampir 60 Juta

Home / Berita / Soal Distopnya Layanan Jampersal, Kadinkes Bondowoso: Kita Defisit Hampir 60 Juta
Soal Distopnya Layanan Jampersal, Kadinkes Bondowoso: Kita Defisit Hampir 60 Juta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur Muhammad Imron (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Melalui surat pemberitahuan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, meminta seluruh jajaran Puskesmas di Bondowoso untuk menghentikan layanan Jampersal (Jaminan Persalinan).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Muhammad Imron membenarkan hal itu. Menurutmya, alasan diberhentikannya layanan itu karena alokasi anggaran untuk Jampersal tahun ini hanya Rp 2 miliar.

“Dua miliar itu sudah kita gunakan untuk pelayanan di semua Puskesmas dan lima rumah sakit. Hari ini kita defisit hampir 60 juta,” katanya.

Maka, lanjut Imron, kalau itu tidak dihentikan itu akan menjadi beban utang bagi daerah atau Dinas Kesehatan.

“Karena kalau itu tidak kita imbau atau kita sampaikan, maka akan jadi piutang dari Pemkab atau dari kita nanti kepada  pemberi pelayanan. Yaitu Rumah Sakit,” jelasnya.

Tetapi, jelas dia, bukan berarti Dinkes akan membiarkan masyarakat miskin, terutama yang akan melahirkan tidak tertangani dengan kebijakan Dinkes.

“Mereka akan kita data, akan kita pilah-pilih untuk diintegrasikan menjadi peserta BPJS, peserta BPJS itu nanti akan dibayar preminya oleh daerah,” jelasnya.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat tidak khawatir, khususnya untuk ibu-ibu hamil yang akan melahirkan, karena nanti akan ditalangi dengan anggaran daerah.

Dijelaskannya juga, bahwa anggaran Jampersal sendiri itu dari APBN, dan tahun ini Bondowoso dapatnya memang berkurang, yakni hanya Rp 2 miliar.

“Kalau 2018 kita dapat 3,5 miliar, itu cukup satu tahun. Untuk berikutnya tetap ada, tapi tidak tahu besarannya berapa,” jelasnya.

Selain seluruh Puskesmas di Bondowoso ada lima rumah sakit yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam pelayanan Jampersal ini. Tiga rumah sakit di Bondowoso, yakni RSU Koesnadi, Mitra Medika, dan Bhayangkara. Sementara dua rumah sakit lain, yaitu RSU di Jember dan RSU Situbondo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com