Klenteng Sumbernaga Probolinggo Ludes Terbakar

Home / Berita / Klenteng Sumbernaga Probolinggo Ludes Terbakar
Klenteng Sumbernaga Probolinggo Ludes Terbakar Petugas damkar berupaya memadamkan api di klenteng sumbernaga, Probolinggo. (FOTO: Istimewa for TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, PROBOLINGGOKlenteng Sumbernaga atau tempat ibadah Tri Dharma, di jalan Letjen Suprapto, Managunharjo, Kota Probolinggo, Jawa Timur, hangus terbakar. Hingga saat ini polisi masih menyelidiki penyebab utama kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi, api mulai terlihat sejak Jumat (17/5/2019) malam. Tepatnya sekitar pukul 23.30 WIB. Api terlihat dari bangunan sebelah barat.

Angin kencang yang melanda sekitar lokasi, membuat api cepat membesar. Api kemudian menjalar hingga ke bagian utama klenteng.

Proses pemadaman berlangsung alot. Besarnya kobaran api, angin kencang dan bahan – bahan yang mudah terbakar membuat petugas kesulitan.

Tiga unit damkar milik Pemkot Probolinggo yang dikerahkan, baru bisa menaklukkan api hampir tiga jam kemudian.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menyebut, amukan api mengakibatkan rusaknya barang-barang berharga milik tempat peribadatan tersebut. “Korban jiwa tidak ada, namun hanya kerugian material saja,” jelasnya, Sabtu (18/05/2019).

Namun demikian, Alfian sempat mendapatkan laporan, bila ada seorang penjaga yang terlelap tidur di bagian belakang kelenteng.

Beruntung sejumlah pihak, bergegas membangunkan hingga dapat diselamatkan sebelum api membesar.

“Saat itu penjaga lagi tidur, jadi petugas membangunkan dan menyelamatkan dia dari kebakaran tersebut,” ujarnya.

Mengenai berapa besaran kerugian dalam kebakaran yang menghanguskan tempat ibadat tersebut, Alfian belum bisa memastikan besarannya.

Sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pengurus tempat ibadah tersebut. Karena berkaitan dengan benda apa saja yang terbakar.

Sampai sejauh ini, polisi masih belum mendapatkan titik terang pemicu atau penyebab terjadinya kebakaran Klenteng Sumbernaga. Sampai pukul 02.15 WIB api yang membakar Tempat Ibadat Tri Dharma Kota Probolinggo mulai  bisa dijinakkan. Petugas pemadam kebakaran Pemkot Probolinggo masih terus melakukan penyemprotan di lokasi lokasi gedung yang terbakar untuk pembasahan. Api bisa dijinakkan oleh pemadam kebakaran sekira 3 jam dari diketahuinya amukan api di tempat ibadat tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com