Uang Pesangon DPRD Pamekasan Disiapkan Rp 401 Juta

Home / Berita / Uang Pesangon DPRD Pamekasan Disiapkan Rp 401 Juta
Uang Pesangon DPRD Pamekasan Disiapkan Rp 401 Juta Ilustrasi. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, PAMEKASAN – Sebanyak 45 anggota DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 21 Agustus 2019, akan menerima uang pesangon sebesar Rp 401 juta.

Pesangon yang akan diberikan ke 45 anggota DPRD Pamekasan periode 2014-2019 telah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) tahun 2019.

Penganggaran berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.  Juga sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 62 tahun 2017 tentang pengelompokan kemampuan keuangan daerah serta pelaksanaan dan pertanggungjawaban dana operasional dan peraturan daerah Kabupaten Pamekasan nomor 5 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD.

Kepala Bagian Keungan di Kesekretariatan DPRD Pamekasan, Imam mengatakan, bahwa besaran pesangon yang akan diterima oleh masing-masing anggota dewan berdasarkan masa kerja. Serta pemberian uang pesangon tersebut sebagai ucapan terima kasih atas kinerjanya selama 5 tahun.

"Kalau masa kerjanya hanya sampai dengan satu tahun, maka itu akan diberikan pesangon sama dengan jumlah satu kali uang representasi, begitu juga yang masa kerjanya dua tahun maka akan mendapatkan pesangon sama dengan jumlah dua kali uang representasi dan seterusnya," ucapnya.

Imam menambahkan, apabila masa kerjanya sampai lima tahun atau full, maka akan diberikan pesangon setinggi-tingginya sama dengan jumlah enam kali uang representasi.

Dari 45 ada 41 anggota Dewan yang masa kerjanya full sampai lima tahun, 2 anggota dewan hanya 2 tahun masa kerjanya dan ada 2 anggota dewan yang hanya 1 tahun masa kerjanya.

"Sedangkan jumlah satu reprsentasi untuk ketua sebesar Rp 2,1 juta, untuk wakil ketua sebesar 1,675 juta dan untuk anggota sebesar 1,575 juta," imbuh Imam.

Uang pesangon tersebut akan diberikan setelah pelantikan anggota DPRD yang baru. "Kami akan memberikan uang itu melalui rekening masing-masing anggota setelah pelantikan anggota dewan yang baru dengan dipotong pajak sebesar 5%," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com