PMI Kabupaten Blitar Distribusikan 250 Ribu Liter Air Bersih ke Dua Desa Terdampak Kekeringan

Home / Berita / PMI Kabupaten Blitar Distribusikan 250 Ribu Liter Air Bersih ke Dua Desa Terdampak Kekeringan
PMI Kabupaten Blitar Distribusikan 250 Ribu Liter Air Bersih ke Dua Desa Terdampak Kekeringan Relawan PMI sedang mendiskusikan air di desa Wonotirto kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Senin (26/8/2019). (Foto: PMI For TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BLITAR – BLITAR - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blitar telah mendistribusikan 250 ribu liter air selama 15 kali pelaksanaan Program Distribusi Air Bersih ke Desa Ngeni dan Wonotirto di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Agus Hariadi, Staf Seksi Pelayanan Markas PMI Kabupaten Blitar mengatakan bahwa air tersebut dimanfaatkan oleh 9,645 jiwa di dua desa tersebut.

"Ada tiga dusun yang kami kirim air yaitu Dusun Pungkalan dan Caren di Desa Wonotirto dan Dusun Kalidahu di Desa Ngeni. Pendistribusian air itu dimulai pada 30 Juli 2019 kemarin," ungkapnya, Senin (26/8/2019).

Agus mengatakan, PMI Kabupaten Blitar mendistribusikan 2.000 liter air bersih dalam sehari untuk mengurangi dampak kekeringan musim kemarau di dua desa di Kecamatan Wonotirto tersebut, menggunakan truk tangki air PMI yang berkapasitas 5.000 liter.

"PMI mendistribusikan air bersih ke desa tersebut satu minggu 3 kali selama 3 bulan. Dalam sehari 4 kali kami mendistribusikan," jelas Agus.

Dikatakan Agus, tiga dusun yang menjadi sasaran pendistrbusian airbersih tersebut sebenarnya terdapat mata air. Namun ketika musim kemarau, mata air tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari warga.

Tidak hanya itu, jarak tempuh mata air dengan perkampungan paling dekat 1,5 km. "Sehingga dengan adanya droping air bersih dari PMI Kabupaten Blitar ini akan membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga dusun tersebut," tambahnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com