PT KPI Undang Siswa Smanda Bontang untuk Ikut Program Student Plant Visit 2019

Home / Berita / PT KPI Undang Siswa Smanda Bontang untuk Ikut Program Student Plant Visit 2019
PT KPI Undang Siswa Smanda Bontang untuk Ikut Program Student Plant Visit 2019 Project director PT KPI, Hari supriyadi saat menyampaikan sambutan dan motivasinya dihadapan siswa Smanda Bontang ( Foto : Kusnadi /TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONTANG – Sebanyak 85 orang siswa dan guru SMA Negeri 2 (Smanda) Bontang melakukan kunjungan ke pabrik PT KPI (Kaltim Parna Industri) dalam program Student Plant Visit 2019, Kamis (19/9/2019).

Tepat pada pukul 08.30 WITA tampak wajah semangat siswa Smanda yang tiba di Pabrik PT KPI dengan menggunakan kendaraan perusahaan produsen amoniak itu masing masing berupa 2 buah bis dan mini bis. Satu persatu 75 orang siswa dan 10 orang guru memasuki ruangan dan menduduki kursi yang sudah disediakan. 

Plant-Visit-2.jpg

Diawali dengan paparan safety induction oleh Wahyu membuat siswa kelas 12 IPA dan IPS Smanda tersebut merasa berada dalam suasana pabrik yang luasnya sekitar 8 hektar itu. 

Selanjutnya dalam sambutan yang disampaikan oleh project director PT KPI, Hari supriyadi dirinya sangat antusias dalam memotivasi siswa Smanda dalam program yang diagendakan setiap tahunnya ini. 

"Administrasi kita di luar ada sastra, manajemen, psikologi, ada hukum, jadi tetap semangat aja karena saya IPS, tetap tekun beri yang terbaik dan semangat," pintanya. 

Lebih lanjut Hari Supriyadi menjelaskan kondisi perusahaan yang berproduksi sejak tahun 2002 ini memiliki kepedulian tinggi kepada tenaga kerja lokal dan pola rekrutmen yang terbuka bagi putra dan putri terbaik kota Bontang. 

"Sejak berdiri pemilik saham adalah milik swasta murni, mungkin ini satu satunya kawasan di sini yang betul betul milik putra bangsa, oleh karena itu sama sama kita besarkan KPI," ujarnya disambut tepuk tangan siswa. 

Plant-Visit-3.jpg

Usai sambutan perwakilan direksi PT KPI tersebut, kegiatan tur pabrik siswa Smanda itu dibekali dengan paparan singkat proses produksi bahan baku gas menjadi produk chemical amoniak.

"Membuat amoniak itu ibarat membuat Indomie telur, sama halnya Amoniak atau NH3 itu merupakan gabungan dari Nitrogen sebanyak 79 persen dan udara bebas diambil sebanyak 21 persen," kata  Operation Manager Pradhika Rama Ulianto.

Untuk mempermudah pemahaman siswa, sembari memberi hadiah kepada siswa yang aktif bertanya dan menjawab, pria berkacamata ini juga memberikan penjelasan akan pentingnya perlengkapan dan standar keamanan di lingkungan pabrik.

"Amoniaknya berwujud liquid. suhunya minus 33 derajat, suhu paling tinggi 1000 derajat dan tekanan paling tinggi 133 kilo percentimer persegi," bebernya. 

Sementara itu, guru pendamping siswa, Ernawati berterima kasih atas kesempatan PT KPI dalam merealisasikan program plant tour sehingga siswanya bisa berkunjung ke pabrik yang memiliki produksi amoniak sebanyak 500.000 ton setahun itu. 

"Disekolah kita mempelajari berbagai ilmu perlu penerapannya, mungkin dikenalkan dengan dunia usahanya, perlu dijelaskan nantinya," ujarnya. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Manager GA, Muhammad Nasrudin dan sejumlah staf dan Karyawan PT KPI tersebut juga memberikan motivasi dengan memperkenalkan semua karyawan dan staf yang hadir.

Salah satunya adalah alumnus Smanda bernama Asri Kamal yang sebelumnya pernah bekerja sebagai office boy, namun sekarang menjadi karyawan tetap bidang IT PT KPI. "Background pendidikan IPS bisa masuk kemanapun, jika ada usaha, di sana ada kemauan," ujar Asri Kamal disambut aplaus.

Usai presentasi pengenalan perusahaan dan pabrik, siswa dan guru Smanda peserta Student Plant Visit 2019 diajak berkeliling pabrik menggunakan kendaraan dilanjutkan dengan meninggalkan lokasi pabrik. 

Untuk diketahui, melanjutkan program Student Plant Visit 2019, PT KPI juga akan mengundang siswa siswa SMA IT Yabis pada Rabu (25/9/2019) mendatang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com