Selangkah Lagi Bondowoso Akan Miliki Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan

Home / Berita / Selangkah Lagi Bondowoso Akan Miliki Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan
Selangkah Lagi Bondowoso Akan Miliki Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Bondowoso memberikan bimbingan teknis ke pada pengelola perpustakaan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Dinas Perputakaan dan Kearsipan, Kabupaten Bondowoso mulai menyusun draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang penyelenggaraan perpustakaan.

Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Perpustakaan, Marzuki mengatakan, dengan adanya Raperda ini, akan membuat penyelenggaraan perpustakaan memiliki payung hukum.

Sementara kata dia, dalam pembuatan naskah akademis Raperda, pihaknya menggandeng Universitas Jember.

"Karena naskah akademis harus bekerjasama dengan perguruan tinggi. InsyAllah tahun 2020 akan menjadi Prolegda," jelasnya saat dikonfirmasi.

Dijelaskannya juga, bahwa Raperda tersebut, akan berisi tentang tata cara penyelenggaraan perpustakaan.

Walaupun, pengelolaan perpustakaan di luar pelayanan dasar masyarakat. Namun kata dia, menjadi urusan wajib pemerintah. Sehingga harus diselenggarakan, untuk memberikan pelayanan publik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Diakuinya juga, sejak Tahun 2004 Pemda telah memberikan bantuan hibah buku dan rak, sekitar rata-rata 1.000 eksemplar.

Di Bondowoso, lanjut dia, juga baru dibentuk sedikitnya 95 perpustakaan desa, namun memang hingga saat ini tak semua eksis.

"Harapan kita, dengan Raperda ini desa punya semangat untuk menyelenggarkan perpustakaan desa. Karena dengan ADD itu bisa dimanfaatkan. Selanjutnya kan SDM. Jadi untuk menumbuhkan SDM, salah satu bagian yang bisa untuk menopang SDM ya harus melek baca," jelas Kasi Pembinaan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Perpustakaan Bondowoso ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com