Bupati Blitar Pimpin Siraman Gong Kiai Pradah

Home / Berita / Bupati Blitar Pimpin Siraman Gong Kiai Pradah
Bupati Blitar Pimpin Siraman Gong Kiai Pradah Bupati Blitar menyampaikan sambutan pada upacara adat Siraman Gong Kiai Pradah akan dilaksanakan hari  di Pendopo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Senin (11/11/2019). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BLITAR – Upacara adat Siraman Gong Kiai Pradah dilaksanakan hari ini, Senin (11/11/2019) di Pendopo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

 Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dijadwalkan memimpin prosesi upacara adat siraman Gong Kyai Pradah tersebut.

Siraman Gong Kiai Pradah di Lodoyo Kecamatan Sutojayan merupakan salah satu aset budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Blitar.

Budaya ini telah dilaksanakan turun temurun dan dilaksanakan setahun sekali yakni setiap 
bulan Mulud (penanggalan Jawa) yang bertepatan dengan Peringatan Nabi Muhammad SAW atau tanggal 12 Rabiul Awal.

Upacara adat Siraman Gong Kiai Pradah sangat dinantikan tidak hanya oleh warga Blitar tetapi juga oleh warga di luar Blitar. Mereka berbondong-bondong mengikuti acara itu untuk mendapatkan air bekas siraman yang mereka percayai bisa membuat awet muda bahkan untuk obat segala penyakit.

Saat ini, pengunjung mulai berdatangan baik dari sisi utara maupun selatan pedopo. Dari pantauan TIMES Indonesia di lokasi, beberapa halaman rumah warga menjadi tempat parkir dadakan. Sampai laporan ini ditulis, Bupati Blitar bersama rombongan baru saja hadir di lokasi Siraman Gong Kiai Pradah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com