Santan Kelapa Bisa Mengatasi Gangguan Lambung, Benarkah?

Home / Gaya Hidup / Santan Kelapa Bisa Mengatasi Gangguan Lambung, Benarkah?
Santan Kelapa Bisa Mengatasi Gangguan Lambung, Benarkah? Santan kelapa bisakah mengatasi gangguan lambung?

TIMESJATIM, JAKARTA – Santan kelapa adalah cairan yang berasal dari perasan daging buah kelapa yang sudah matang. Cairan ini berwarna putih seperti susu. Biasa digunakan sebagai bahan untuk beberapa masakan, santan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengatasi gangguan asam lambung seperti refluks asam.

Refluks asam lambung sangat rentan pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, obesitas, kurang berolahraga, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya, obat-obatan untuk asma, antihistamin, obat pereda nyeri, dan antidepresan.

Medical News Today melaporkan, santan dianggap memiliki manfaat yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Bahkan, santan boleh diminum sebagai pengganti susu sapi jika ingin meredakan refluks asam.

Berikut ini alasan santan bisa digunakan untuk mengatasi refluks asam, seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Kandungan lemak dalam santan lebih rendah dari susu sapi

Meski susu sapi dianggap bisa meredakan heartburn untuk sementara, kandungan lemak di dalamnya berpotensi mendorong lambung untuk memproduksi lebih banyak asam. Masalahnya, asam yang terlalu banyak di dalam lambung mungkin menyebabkan heartburn atau refluks asam lambung.

Maka dari itu, alih-alih menggunakan susu sapi, lebih baik memaksimalkan manfaat santan. Sebab, kandungan lemak di dalam santan lebih rendah dibanding kandungan dalam susu sapi. Sehingga, santan lebih aman dikonsumsi oleh penderita refluks asam dibanding susu sapi.

2. Kandungan santan yang memiliki manfaat untuk menetralkan asam lambung

Sama halnya dengan susu nabati, santan termasuk alternatif yang dianggap lebih baik dari susu sapi untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, berpotensi memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan asam lambung seperti refluks asam.

Salah satu kandungan santan yang memiliki manfaat untuk meredakan gangguan asam lambung adalah magnesium. Satu gelas santan mengandung kurang lebih 104 miligram (mg) magnesium.

Kandungan yang terdapat di dalam santan ini sering juga ditemukan di dalam berbagai obat-obatan bebas yang memiliki manfaat untuk mengatasi refluks asam lambung. Contohnya antasida, H2 receptors, dan proton pump inhibitor.

Nah, jika Anda ingin menetralkan asam lambung, Anda bisa mengonsumsi santan kelapa secara rutin. Pasalnya, kandungan magnesium di dalam santan juga dipercaya memberikan manfaat dalam mengurangi gangguan asam lambung. Namun demikian, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com