Ini Khasiat Buah Stroberi untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Ini Khasiat Buah Stroberi untuk Kesehatan
Ini Khasiat Buah Stroberi untuk Kesehatan ILUSTRASI - Manfaat Buah Stroberi. (FOTO: Mother and Baby Indonesia)

TIMESJATIM, JAKARTA – Dibalik mungilnya buah stroberi ternyata menyimpan sejuta kandungan dan khasiat yang menyehatkan tubuh. Selain kaya kandungan vitamin, khususnya vitamin C, buah asal Chili, Amerika ini juga kaya kandungan antioksidan.

Bahkan menurut penelitian, stroberi menduduki peringkat tertinggi kandungan antioksidan atau senyawa yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker.

Percobaan yang dilakukan Departemen of Agirculture AS, menyebutkan, ekstrak stroberi menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara.

Asam ellagik yang ada dalam stroberi juga mampu menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker hati. selain itu, asam Ellagik dan zat Kuercetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara dan dapat mencegah penggumpalan darah penyebab serangan jantung dan stroke.

Dengan komposisi nutrisi yang telah disebutkan diatas, selain mencegah kanker, stroberi juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Berikut daftarnya.

1. Memutihkan Gigi

Asam malat yang terkandung dalam stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah strobery setiap hari dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti : memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat nafas menjadi lebih segar.

2. Mengobati Jerawat

Kandungan asam salisiat di dalam stroberi memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

3. Menghaluskan kulit

Buah stroberi mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Gunakan stroberi ini sebagai lulur mandi. Untuk mendapatkan manfaat lebih, campurkan stroberi yang telah dihaluskan ini dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak lebih cerah.

4. Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi

Stroberi merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

5. Kesehatan mata

Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan adanya zat anti oksidan yang dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini bisa dicegah.

6. Kerusakan Fungsi Otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Namun dengan adanya vitamin C dan fitonutrient tadi hal tersebut bisa dicegah.

7. Tekanan darah tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besi, stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya lebih seimbang kembali. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com