Ingin Donor Darah? Persiapkan Enam Hal Ini

Home / Gaya Hidup / Ingin Donor Darah? Persiapkan Enam Hal Ini
Ingin Donor Darah? Persiapkan Enam Hal Ini ILUSTRASI - Donor Darah. (FOTO: Aetra)

TIMESJATIM, JAKARTADonor darah tak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa persiapan yang perlu diketahui dan dilakukan. Syarat utama donor darah adalah Anda mesti memiliki tekanan darah stabil, kadar HB normal, serta cukup tidur pada malam sebelumnya.

Selain itu, seperti dilansir dari Klik Dokter berikut enam hal yang perlu diperhatikan sebelum donor darah.

1. Sehat jasmani

Syarat utama untuk bisa mendonorkan darah adalah usia 17-60 tahun, dengan berat minimal 45 kg. Syarat lainnya Anda harus dalam keadaan jasmani yang sehat seperti tidak demam, tekanan darah dan nadi dalam batas normal.

Selain itu, Anda juga tidak boleh dalam keadaan mengonsumi obat kurun waktu tiga hari sebelum donor darah. Hal ini akan ditanyakan petugas donor darah sebelum darah diambil.

2. Makan dan minum

Perut tak boleh kosong saat donor darah. Beberapa hari sebelum hari pendonoran, Anda perlu makan secara teratur. Ini penting agar kadar gula darah Anda tetap stabil.

Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, ikan, ayam, dan bayam untuk menjaga kadar sehat besi dalam darah. Perbanyak juga minum air putih sebelum mendonorkan darah.

3. Hindari aktivitas fisik berat

Hindari beraktivitas terlalu berat seperti olahraga angkat beban sebelum mendonorkan darah. Jika ingin berolahraga, pilih jenis yang ringan seperti jalan santai, supaya Anda tetap dalam kondisi bugar.

4. Tidur cukup

Anda pun sangat direkomendasikan untuk tidur cukup, yaitu selama 7-9 jam pada malam sebelumnya. Biasanya, orang-orang yang kurang tidur akan dinyatakan “gugur” alias tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya.

5. Pakaian yang nyaman

Proses donor darah cukup memakan waktu. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakanlah pakaian lengan pendek atau longgar, dan bisa digulung hingga di atas siku. Pakaian seperti ini akan memudahkan petugas donor darah untuk mengakses pembuluh darah Anda dengan mudah.

6. Donor darah di tempat yang ditentukan

Selain lima hal yang telah disebutkan, Anda harus mengetahui tempat donor darah yang tepat. Pastikan donor darah dilakukan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) atau petugas medis profesional. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com