Token Terlambat, UNBK SMP di Bondowoso Tertunda 30 Menit

Home / Pendidikan / Token Terlambat, UNBK SMP di Bondowoso Tertunda 30 Menit
Token Terlambat, UNBK SMP di Bondowoso Tertunda 30 Menit Ilustrasi - UNBK SMP (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BONDOWOSO – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Bondowoso Jawa Timur, sempat tertunda 30 menit dari waktu yang ditentukan. Hal itu disebabkan pengiriman token UNBK dari pusat terlambat, ke Proktor (Operator Server).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bondowoso, Muhammad Rubangi, mengakui adanya kendala tersebut.

Sehingga, kata dia, UNBK sesi pertama yang seharusnya dimulai pada pukul 07.30 WIB, namun karena keterlambatan token baru bisa dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

“Karena tokennya itu baru masuk jam 07.45, token untuk membuka passwordnya harus dari Jakarta, harus pusat. Baru jam 07.45,” tuturnya.

Menurutnya, keterlambatan token mempengaruhi jam ujian. Sehingga, pelaksanaan ujian akan menyesuaikan dengan waktu. “Nanti kan diperpanjang, otomatis nanti, akan menyesuaikan,” ungkapnya, Senin (22/1/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Harimas, ditemui usai meninjau jalannya UNBK di SMP Negeri 1 Bondowoso, mengatakan, bahwa nantinya pelaksanaan untuk sesi kedua dan ketiga tidak ada perubahan. Alternatifnya, yakni mengurangi jam istirahat.  

“Kendalanya itu token terlambat, itu dari pusat, jadi sekitar setengah jam. Jadi siswa tadi sudah siap untuk mengikuti ujian. Tapi karena dari pusatnya itu terlambat, kita menunggu setengah jam,” jelasnya.

Dari data yang berhasil dihimpun menyebutkan, bahwa jumlah peserta UNBK SMP sederajat, ada sekitar 10.424 siswa dari 245 lembaga. Rinciannya yakni SMP Negeri sebanyak 66 lembaga dengan jumlah pelajar 6.621. Kemudian SMP swasta dan MTs berjumlah sekitar 179 lembaga dengan jumlah siswa sebanyak 3.803.

UNBK SMP, termasuk di Bondowoso, akan berlangsung hingga 25 April 2019. Adapun mata pelajaran yang diujikan secara berurutan sejak hari pertama yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com