Perdalam Penetasan, ini Aktivitas Mahasiswa Polbangtan Malang

Home / Pendidikan / Perdalam Penetasan, ini Aktivitas Mahasiswa Polbangtan Malang
Perdalam Penetasan, ini Aktivitas Mahasiswa Polbangtan Malang Mahasiswa Prodi Agribisnis Peternakan Polbangtan Malang melakukan persiapan praktik penetasan telur ayam buras. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, MALANG – Di sela menunggu pengumuman kenaikan tingkat, mahasiswa Polbangtan Malang terus mengasah keterampilannya melalui aktivitas Teaching Factory (Tefa). Seperti yang dilakukan mahasiswa semester 2 Program Studi Agribisnis Peternakan (Prodi Agrinak) ini.

Selain melaksanakan pemeliharaan broiler untuk masa pemeliharaan ke-4, mahasiswa juga melakukan penetasan sekitar 600 butir telur ayam buras dengan menggunakan 6 buah mesin penetas buatan mereka sendiri di kampus. Kegiatan yang didukung penuh oleh jajaran Prodi Agrinak ini dimulai pada bulan Juli 2019, setelah mahasiswa usai mengikuti Ujian Akhir Semester Genap.

Polbangtab-Malang.jpg

Menurut Kaprodi Agrinak Polbangtan Malang, Luki Amar MSc, mahasiswa terus dibiasakan untuk melakukan aktivitas peningkatan keterampilan melalui pembelajaran berbasis TEFA.

Luki melanjutkan, mereka sudah menguasai bagaimana melakukan budidaya ayam pedaging sejak persiapan kandang, pemeliharaan, hingga pemasaran dengan menerapkan SOP yang ditetapkan mitra dunia usaha.

"Kali ini mereka melaksanakan penetasan telur ayam buras dengan didampingi oleh Dosen ternak unggas serta PLP unggas," ujarnya, Minggu (14/7/2019).

Polbangtab-Malang-a.jpg

Harapannya, mahasiswa tidak hanya terampil hanya pada satu bidang tertentu, akan tetapi mereka harus mampu melakukan agribisnis peternakan (khusisnya unggas) mulai hulu hingga hilir. Dengan demikian, setelah lulus, mereka diharapkan lebih memiliki kemampuan membaca peluang pasar sebelum melaksanakan kegiatan bisnis.

Luki menambahkan, untuk menambah wawasan mahasiswa, mereka melaksanakan pemahiran sambil mempersiapkan barang bukti yang dibutuhkan untuk uji kompetensi unggas pedaging yang akan dilaksanakan pada bulan agustus 2019.

Dalam kesempatan berbeda, Wildan, mahasiswa semester 2 Prodi Agrinak mengatakan, meskipun pada hari libur seperti hari ini, mereka senang diberikan kepercayaan oleh prodi untuk melakukan penetasan dengan didampingi dosen yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

Dia berharap, Prodi Agrinak Polbangtan Malang terus menerapkan metode pembelajaran berbasis Tefa, sehingga mereka benar-benar menguasai berbagai keterampilan yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com