USD Gelar Wisuda Seribu Lebih Mahasiswa Program Sarjana dan Magister

Home / Pendidikan / USD Gelar Wisuda Seribu Lebih Mahasiswa Program Sarjana dan Magister
USD Gelar Wisuda Seribu Lebih Mahasiswa Program Sarjana dan Magister Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc, Ph.D saat memberikan sambutan dan para mahasiwa ketika mengikuti prosesi wisuda. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, YOGYAKARTA – Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar wisuda bagi mahasiswa sarjana dan magister periode pertama tahun akademik 2019/2020. Acara tersebut dipusatkan di Gedung Auditorium Driyarkara USD, Jumat, (13/9/2019).

Wisuda periode September ini diperuntukkan bagi mahasiswa lulusan yudisium Februari sampai Juli dan periode berikutnya pada Maret bagi para lulusan yudisium Agustus sampai dengan Januari.

Penyelenggaraan wisuda berlangsung dua hari yaitu 13 dan 14 September 2019. Pada hari pertama ada 2 sesi wisuda dan hari kedua masih sama dilaksanaka 2 sesi. Jumlah lulusan untuk semua program studi periode Februari hingga Juli 2019 sebanyak 1.365 orang. Periode kali ini USD mewisuda 1.112 wisudawan. Dari jumlah tersebut 26 mahasiswa berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Pada gelaran wisuda pertama ini yang dinobatkan sebagai wisudawan terbaik adalah Lilia Widyawati Turut. Dia mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95. Kemudian, pada sesi kedua lulusan terbaik diraih oleh Y. Rahayu Harsono, dari Prodi Sastra Inggris Fakultas Sastra dengan IPK 3.97.

Berikutnya, sesi 3 berhasil diraih oleh Juma D. Imamu, dari Prodi Magister Kajian Bahasa Inggris Program Pascasarjana dengan IPK 3.96 dan pada sesi ke empat wisudawan terbaik diraih oleh Setyawati Bhekti Kinanti dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dengan IPK 3.97.

Dalam usia yang sudah mencapai tahun ke 64 ini USD mengelola sebanyak 7 Fakultas dengan 25 Program Studi Sarjana (S1), 8 Program Studi Magister (S2), 3 Program Profesi dan 1 program Doktor (S3).

Di samping mengelola berbagai Program Studi tersebut, USD juga menyelenggarakan berbagai kursus antara lain Kursus Bahasa Inggris (Extension Course) 2 tahun, Perpajakan, Komputer, Bahasa Indonesia (bagi penutur asing) dan lain-lain.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M.Sc, Ph.D menyampaikan ucapan terimakasih dan ikut berbahagia atas perjuangan dan jerih payah paya mahasiswa sehingga membuahkan hasil yang membanggakan.

"Semoga wisuda ini menjadi awal kebahagian dan kebanggaan sebagai orang tua yang menyaksikan putra-putrinya merajut masa depan dengan penuh semangat dan kepercayaan diri," ucapnya.

Menurutnya, kampus haruslah menjadi seperti Mars yang penuh misteri keilmuan dan komunitas akademik termasuk mahasiswa adalah Curiosity. Bedanya Mars penuh misteri tapi USD penuh harapan dan janji.

“Curiosity dan sanata Dharma mempunyai misi yang sama yakni menjadi penggali kebenaran Curiosity ingin memperoleh kebenaran apakah ada kehidupan. Sementara Sanata Dharma ingin terus menggali kebenaran demi memuliakan kehidupan,” terangnya.

Lebih lanjut, USD sebagai perguruan tinggi juga harus pertama-tama disadari sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut sikap dasar tertentu untuk hidup didalamnya. Sikap dasar itu adalah kesetiaan kita pada cara bertindak yang mengikuti metode ilmiah.

Selain itu, ada banyak kriteria sebagai seorang sarjana tetapi yang paling tepat sudah kita rumuskan dalam visi USD yakni menjadi penggali kebenaran. Menjadi sarjana yang sesungguhnya lebih terletak kepada seberapa keinginan anda untuk sungguh mengetahui sesuatu. Itu berarti mempunyai kapasitas dan kesiapan untuk mengubah pengetahuan dan keyakinan terhadap sesuatu.

“Seorang sarjana sejati hanya digerakkan oleh satu hal yang tidak pernah demi dirinya sendiri tetapi demi kebaikan banyak orang yaitu menemukan kebenaran,” ungkapnya

Ia menambahkan, seorang sarjana yang menggali kebenaran bagai seorang Nomaden karena selalu siap untuk terus berpindah dari satu pemahaman ke pemahaman baru. Dia terus mencari pemahaman yang lebih baik terhadap segala sesuatu. Seorang sarjana sejati adalah seorang atlit intelektual, ia terus menyangsikan gagasan lama dan terus terbuka terhadap gagasan yang besar, gagasan yang baru atau gagasan yang lebih baik.

“Semoga kegembiraan anda hari ini dalam merayakan keberhasilan studi di USD juga menjadi sarana untuk merefleksikan semangat hidup anda sebagai seorang sarjana penggali kebenaran. Teruslah mencari sebagaimana disampaikan oleh guru sejati carilah maka kamu akan menemukan dan ketuklah maka pintu akan dibukakan,” jelas Eka, Rektor USD ini kepada wisudawan sarjana dan magister (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com