Puasa saat Hamil? Yuk, Lakukan Tips Ini

Home / Gaya Hidup / Puasa saat Hamil? Yuk, Lakukan Tips Ini
Puasa saat Hamil? Yuk, Lakukan Tips Ini ILUSTRASI: (FOTO: Hello Sehat)

TIMESJATIM, JAKARTA – Menjalankan ibadah puasa saat hamil tidak boleh dilakukan sembarangan. Ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan makanan meski sedang puasa. Berikut ini tips berpuasa saat sedang hamil.

1.    Perhatikan kebutuhan gizi dan kalori bumil saat puasa

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, secara umum ibu hamil membutuhkan 2500 kkal dengan pembagian kebutuhan gizi yang seimbang. Hal ini perlu diperhatikan karena ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizinya dengan pembagian makan yang tepat dan harus terpenuhi saat buka puasa hingga sahur.

Selalu pilih makanan segar yang kaya gizi yaitu sumber karbohidrat, protein hewani dan nabati serta buah dan sayur. Hindari berbuka atau sahur dengan makanan yang miskin gizi yaitu makanan yang hanya tinggi kalori, gula dan lemak saja ya.

2.    Konsumsi suplemen untuk ibu hamil

Seorang pakar kesehatan dan kandungan menyebutkan bahwa penggunaan suplemen asam folat, zat besi dan kalsium sangatlah penting untuk bumil yang sedang puasa.

Konsumsi suplemen bagi bumil akan mendukung pemenuhan kebutuhan gizi harian selama kehamilan sehingga tumbuh kembang janin tetap optimal.

3.    Perhatikan kebutuhan cairan ibu hamil

Kebutuhan cairan yang meningkat saat hamil harus tetap terpenuhi selama puasa. Pastikan bumil mengonsumsi lebih dari 2 liter dengan pembagian yang tepat saat buka, setelah buka, setelah tarawih, menjelang tidur dan saat sahur.

Itulah tips puasa saat hamil. Dengan memperhatikan tips berpuasa di atas tumbuh kembang janin tetap terdukung dan ibu hamil bisa melakukan puasa dengan sehat dan optimal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com