Ketahanan Informasi Pendidikan

HMJA FE UWG Gelar Kuliah Lapang di Pacitan

Home / Pendidikan / HMJA FE UWG Gelar Kuliah Lapang di Pacitan
HMJA FE UWG Gelar Kuliah Lapang di Pacitan Penyerahan cindera mata oleh Kaprodi Akuntansi FE UWG dan Ketua Bappeda Kab. Pacitan (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, MALANG – Wakil Rektor lll UWG,  Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, melepas keluarga besar HMJA Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama (UWG) Malang ke Pacitan, Minggu (13/5/2018) malam.

Kunjungan yang dikemas dengan tajuk Kuliah Lapang untuk mata kuliah Akuntansi Sektor Publik ini menyasar Bappeda Kabupaten Pacitan.

UWG-B.jpg

Kepala Bappeda Ir. Heru Widodo,. SP. MSi. menyambut hangat 50 mahasiswa UWG Malang. Dengan semangat Widodo mempromosikan wisata unggulan di wilayahnya.

"Belum ke Pacitan kalau belum ke Pantai Klayar," kata Widodo.

Sementara itu Kaprodi Akuntansi Dr. Ana Sopanah menyampaikan tujuan kuliah lapang ini adalah memberikan pemahaman nyata kepada para mahasiswa tentang proses penganggaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah, langsung dari sumbernya.

"Bappeda Kabupaten Pacitan menjadi target kunjungan kami  karena sebelumnya sudah ada MoU antara Kabupaten Pacitan dengan Universitas Widyagama Malang. Ini adalah wujud nyata implementasi MoU," terang Ana. 

Kuliah Umum disampaikan oleh Kabid Perencanaan Penganggaran Bappeda Kabupaten Pacitan.

"Proses perencanaan dimulai dari penyusunan RKPD sesuai dengan  Ps 261 UU 23 tahun 2014. Disinilah pelibatan seluruh komponen masyarakat dalam proses pengganggaran dilaksanakan," papar Basuki, Kabid Perencanaan Penganggaran Bappeda Kab. Pacitan. 

Pertanyaan menarik yang diajukan oleh Ketua HMJA Indah Wahyuni tentang siapa saja yang terlibat di musrenbang kabupaten sebagai bentuk keterlibatan masyarakat. Pertanyaan itu dijawab dengan gamblang oleh Basuki.

"Yang hadir pada musrenbang kabupaten adalah Pemerintah Daerah, LSM, organisasi-organisasi masyarakat, karang taruna, dan Pemerintah Provinsi," jelasnya.

Kuliah lapang berlangsung sangat interaktif dan atraktif. Acara di akhiri dengan penyerahan cindera mata oleh kedua belah pihak. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com