Desa Pujon Kidul Raih Anugerah Times Indonesia Kategori Wisata Kreatif

Home / Wisata / Desa Pujon Kidul Raih Anugerah Times Indonesia Kategori Wisata Kreatif
Desa Pujon Kidul Raih Anugerah Times Indonesia Kategori Wisata Kreatif Desa Pujon Kidul raih Anugerah Times Indonesia kategori wisata kreatif Malang Raya 2019. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESJATIM, MALANGAnugerah TIMES Indonesia 2019 kali ini bergerak menuju kategori wisata kreatif se Malang Raya. Setelah melakukan diskusi panjang maka ada tiga tempat yang menurut tim redaksi layak mendapatkan penghargaan karena kiprahnya sepanjang tahun 2019.

Pertama adalah Desa Pujon kidul di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sepanjang tahun 2019 ini, desa Pujon Kidul makin banyak dikunjungi dan banyak diulas oleh wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia.

Ketua Tim Percapatan Pengembangan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata, Vitria Ariani mengaku adanya desa wisata Pujon Kidul ini membuat tingkat pengangguran berkurang. Bahkan penghasilan keseluruhan bisa mencapai 14 miliar per tahun dari desa wisata tersebut.

“Dulu banyak pengangguran disini. Sekarang semua bisa jadi pengusaha. Dampak positif tentu penurunan angka kemiskinan, sebab semua pelaku dan pekerja adalah masyarakat desa Pujon Kidul,” ucapnya.

Keberadaan Desa Wisata Pujon Kidul ini dimulai ketika pada tahun 2015 mulai menerima dana desa sebesar Rp 700 juta. Menariknya, dana tersebut tak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur fisik seperti jalan dan jembatan. Total sebesar 70% digunakan untuk pemberdayaan dan pembinaan desa dan sisanya untuk operasional.

Pemberdayaan wisata kreatif di Desa Pujon Kidul membuat warga desa bisa memperoleh upah sebesar Rp 1,5 juta perbulan. Penghasilan setidaknya bisa membuat warga tidak perlu mencari pekerjaan ke wilayah yang lain. Efeknya tentu pada angka kemiskinan yang menurun. Pada tahun 2016 lalu warga miskin di Desa Pujon Kidul tercatat mencapai 387 jiwa dan kemudian berkurang menjadi 257 jiwa satu tahun kemudian.

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan fasilitas outbond seperti bermain paintball, ATV, trail, dan panahan. Kita juga dapat belajar mengenal dunia pertanian dan peternakan. Di Desa Wisata Pujon Kidul terdapat beberapa pertanian seperti tomat, cabai, dan tumbuhan herbal. Kemudian ada juga peternakan sapi yang menghasilkan susu perah.

Kuliner di Desa Wisata Pujon Kidul juga tidak kalah menarik. Banyak pilihan kuliner yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas Pujon Kidul dan kuliner pedesaan lainnya. Salah satu destinasi wajib jika berkunjung kesana adalah Kafe Sawah yang menyajikan pemandangan alam dan suasana sawah. Kafe Sawah juga menyediakan tempat berselfie yang pastinya instagramable.

Selain Kafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul juga memiliki destinasi wisata lainnya yaitu The Roudh 78. The Roudh 78 menawarkan berbagai kegiatan fisik seperti kegiatan off road dengan jeep tempur. Dengan jeep itu, kita juga akan diajak berkeliling Desa Wisata Pujon Kidul hingga menyusuri perkebunan, peternakan, dan persawahan yang ada di sana. Di tempat ini juga disediakan tempat bermain paintball.

Maka, Desa Wisata Pujon Kidul layak mendapatkan penghargaan Anugerah TIMES Indonesia untuk kategori wisata kreatif Malang Raya 2019. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com