Wow, Warga Jalan Prajuritan Kota Madiun Sulap Kawasan Kumuh Jadi Kampung Pesona

Home / Wisata / Wow, Warga Jalan Prajuritan Kota Madiun Sulap Kawasan Kumuh Jadi Kampung Pesona
Wow, Warga Jalan Prajuritan Kota Madiun Sulap Kawasan Kumuh Jadi Kampung Pesona Wali Kota Madiun berkeliling Kampung Pesona Jalan Prajuritan yang menjadi destinasi wisata dan edukasi serta pusat aktivitas warga. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)

TIMESJATIM, MADIUN – Ide kreatif warga Jalan Prajuritan RT 15/RW IV Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun patut diapresiasi. Mereka menghasilkan taman wisata dan edukasi Kampung Pesona. Ruang terbuka hijau ini memanfaatkan bantaran Kali Madiun yang sebelumnya dijadikan tempat pembuangan sampah.

"Dulu tanah di sini keras dan kumuh. Karena dekat mushala kemudian dibersihkan dan diuruk.  Awalnya saya dan istri  yang menanami. Kemudian warga di sini mau ikut membuat taman," ujar Wignyo Yulianto koordinator pengelola Kampung Pesona, Jumat (28/2/2020).

Kampung-Pesona-Madiun-2.jpg

Taman rintisan warga yang dibuat pada 2017 itu kemudian mendapat perhatian dari Pemkot Madiun. Selanjutnya ada bantuan dana untuk pengembangan taman warga tersebut menjadi kampung tematik.

"Setelah ada bantuan dari pemkot ada tambahan fasilitas untuk spot foto dan tempat bermain," kata Wignyo.

Dengan kondisinya saat ini, Kampung Pesona menjadi destinasi rekreasi baru di Kota Madiun. Selain taman bunga dengan berbagai ornamen menarik, pengunjung bisa menikmati view Kali Madiun dari taman. Taman di Kampung Pesona juga bisa digunakan untuk event karena tersedia panggung dan area terbuka yg cukup luas.

Menurut Wignyo, ada rencana membenahi areal pintu masuk ke area taman dari jalan raya di sebelah utara. Sedangkan di sebelah selatan yang berbatasan dengan rel kereta api akan dibuat spot khusus dilengkapi pengaman.

"Kalau sore banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya melihat kereta lewat. Jadi nanti kita buat tempat khusus supaya aman," jelas Wignyo.

Kampung-Pesona-Madiun-3.jpg

Keberadaan Kampung Pesona diapresiasi oleh Wali Kota Madiun H Maidi. Saat menghadiri kegiatan senam bersama warga di tempat tersebut, wali kota menyebut akan ada bantuan lagi dari Pemkot Madiun untuk pengembangan taman di Kampung Pesona.

"Saya prioritaskan taman yang diawali inisiatif warga sendiri. Kampung Pesona ini pengelolaannya cukup bagus dan terawat," ujar Maidi.

Kampung Pesona akan disajikan contoh bagi lingkungan lain yang ingin mengembangkan hal serupa. Kebaradaan ruang terbuka hijau selain menambah keindahan juga menambah destinasi wisata baru di kota pendekar.

"Yang paling penting harus dirawat dan dijaga. Jangan nanti setelah ada bantuan dibiarkan tidak terurus," tegas Maidi.

Sementara itu senam bersama warga di taman Kampung Pesona Jalan Prajuritan berlangsung meriah. Kegiatan  tidak hanya diikuti warga setempat.  Sejumlah elemen masyarakat Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun mengikuti senam bersama dan sarapan nasi pecel bareng itu. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com