Berhias Lampu Warna-Warni, Jembatan Tambong Banyuwangi Kian Cantik

Home / Wisata / Berhias Lampu Warna-Warni, Jembatan Tambong Banyuwangi Kian Cantik
Berhias Lampu Warna-Warni, Jembatan Tambong Banyuwangi Kian Cantik Jembatan Tambong, Banyuwangi, kini dipasang lampu warna-warni. (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, BANYUWANGI – Kini Jembatan Tambong yang berada di Kecamatan Kabat, Banyuwangi nampak berbeda dari hari biasanya, terlihat cantik dan romantis di malam hari.

Hal ini karena gemerlap lampu warna-warni indah, menyambut para pengendara yang hendak melintas di jembatan penghubung Desa Pakistaji dan Desa Kabat yang membentang sepanjang kurang lebih 20 meter tersebut.

Jembatan ini menjadi objek vital nasional karena merupakan satu-satunya jalan nasional dari Jember menuju Banyuwangi kota, sehingga jembatan Tambong sangat penting bagi mobilitas sehari-hari masyarakat yang melintas.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (PUCKPP) Kabupaten Banyuwangi Bayu Hadiyanto, ST, MSi menyatakan bahwa jembatan Tambong merupakan titik strategis di Banyuwangi yang harus mendapatkan perhatian khusus.

"Nah, sebagai salah satu spot keindahan ke arah kota dan arah bandara, setelah kita uji coba di Kota Banyuwangi, penerapan lampu hias kita coba pasang di titik strategis, seperti sasak tambong ini," kata Bayu sapaan akrabnya, Selasa (24/3/2020).

Bayu menyatakan bahwa pemasangan lampu penerangan RGB (Full Color) di Jembatan Tambong menyesuaikan kontruksi kerangka jembatannya.

"Di sasak Tambong ini baru awal Maret kita pasang. Prosesnya dari 3 Maret 2020. Kita pasang 24 lampu RGB warna warni plus pasang daya," jelasnya.

Bayu menyatakan lampu yang digunakan menggunakan daya PLN Abonemen Dinas PUCKPP Kabupaten Banyuwangi. Sejauh ini, tidak hanya jembatan Tambong semata yang dihias menawan, namun beberapa jembatan di Banyuwangi juga telah disulap menarik dengan kearifan lokal Banyuwangi.

"Sementara motif Gajah Oling Banyuwangi ada di lereng jembatan dan lampunya pakai bohlam di jembatan Bagong, Sobo, Kapten Ilyas, Kontinental dan PB Sudirman," ucapnya.

Bayu menambahkan alokasi dana yang dikucurkan untuk menambah fasilitas 24 lampu RGB ini adalah Rp 43,5 Juta. Ia menyatakan ke depan jika ada jembatan yang dipandang strategis dan memiliki kontruksi kerangka artistik, maka akan juga dihias cantik seperti Jembatan Tambong ini.

Jembatan Tambong memang sebagai pintu gerbang menuju Kota Banyuwangi. Tak ayal jika lokasi ini terus dibenahi dan menjadi ikon baru, sehingga para pengendara dari dalam mapun luar Banyuwangi bisa memandang keelokan jembatan ini di malam hari. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com